Budidaya benih ikan patin di kolam sebagai peluang bisnis

Diposting pada
budidaya ikan patin – Pecintabinatang.com | beternak ikan patin merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan sebab pada saat ini permintaan akan ikan patin dipasaran semakin meningkat , walaupun permintaan akan ikan ini meningkat dari tahun ketahun namun jumlah peternak ikan ini setiap tahunnya tidaklah bertambah bahkan berkuran maka dari itu beternak ikan ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan bagi kita.

Beternak benih ikan patin di kolam sebagai peluang bisnis
GAMBAR : IKAN PATIN

 Tidak hanya di indonesia di luar negeripun ikan ini sudah mulai terkenal seperti malaysia, thailand dan juga philipina, dalam praktek beternak ikan ini terbilang sangatlah mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang extra namun perlu perhatian kesungguhan agar ikan ini dapat menjadi ladang uang bagi kita, bagai mana cara beternak ikan ini? Berikut ulasannya untuk sobat semua.

1. Memilih benih ikan
Pada tahap awal memulai beternak ikan ini hal pertama yang kita lakukan adalah memilih benih ikan ini, benih yang kita beli adalah harus benih yang benar-benar sehat anda dapat membeli benih ikan ini di tempat penjualan benih ikan didaerah anda . biasanya benih yang sehat adalah benih ikan yang lincah dan aktif sebab jika ikan terlihat hanya terdiam saja bisa saja benih ikan tersebut tidak sehat.

2. persiapan kolam
Setelah anda membeli bbit ikan anda harus mempersiapkan segala sesuatunya termasuk kolah ikan ini, untuk kolam sepertinya tidak perlu kolam yang bagus dan ber air jernih sebab ikan ini biasanya hidup di air yang keruh namun tidak ada salahnya jika kita memberikan air bersih agar hasil nantinya pun memuaskan.
Setelah kolam berisi air anda dapat meletakkan tumbuhan air di sekitar kolam berupa eceng gondok, teratai atau tumbuhan air lainnya sebagai penyedia pasokan oksigen di dalam kolam,Setelah itu anda dapat menebar bibit ikan patin di sekitar kolam.

3. Pemeliharaan dan perawatan ikan patin
Setelah bibit ikan telah kita masukkan ke dalam kolam maka kita telah masuk kepada tahap pemeliharaan, tahap ini adalah tahap yang menentukan apakah kita berhasil atau tidaknya dalam beternak ikan ini, untuk perawatan cukup anda membersihkan kolam ikan setiap harinya dari sisa makanan ataupun sampah seperti desaunan yang ada disekitar air.
Untuk makanan ikan patin anda dapat memberi berupa pelet atau makanan alami lainnya seperti cacing sutra setiap harinya yaitu pagi dan sore hari agar pencernaan ikan berjalan dengan baik.

4. Masa panen ikan patin
Setelah anda melakukan hal no 3 di atas secara teratur setiap harinya dalam jangka 2 bulan anda sudah dapat memanen ikan patin, namun dalam masa panen tergantung kebutuhan dan permintaan akan pasar biasanya ikan patin yang di pasarkan berukuran 300 gr hingga 1,2 kg bahkan bisa lebih semua tergantung dari permintaan para pasar.

Itulah cara beternak benih ikan patin semoga artikel ini bermanfaat bahi sobat pembaca dalam memulai beternak ikan patin dan tentu saja sebagai peluang bisnis bagi kita semua salam pecinta binatang.