17 Jenis Makanan Sugar Glider Yang Boleh Dan Dilarang

Diposting pada
Makanan Sugar Glider
Pakan Sugar Glider – sumber : pixabay.com

Makanan Sugar Glider | Nama sugar glider pasti tidak asing lagi di benak anda, hewan menggemaskan yang satu ini memang sudah populer sejak lama, lebih tepatnya tahun 2015 lalu. Sugar glider memiliki nama latin Petaurus Breviceps, dulunya hewan ini sering dianggap sebagai tupai terbang, padahal berbeda. Sugar glider memiliki kantong kecil pada tubuhnya sehingga sering disebut juga sebagai peliharaan kangguru mini.

Binatang yang satu ini jika dipelihara dan dilatih sejak kecil akan menjadikannya sangat jinak, bahkan bisa menjadi pintar. Memang sugar glider bisa menjadi pilihan tepat jika anda tidak suka memelihara kucing ataupun anjing. Perlu dicatat, perawatan SG terbilang lebih repot, apalagi jika lingkungan anda tidak mendukung. Namun anda tak perlu cermas karena sudah banyak tutorial merawat sugar glider mulai dari pakan, cara memandikan, kandang, hingga cara mengatasi penyakitnya.

Pada kesempatan kali ini, Admin Pecintabinatang akan membahas tentang pakan sugar glider. Sebelum itu, apakah anda punya rasa penasaran mengapa hewan ini dinamakan Sugar-Glider. Sebenarnya nama tersebut berasal dari bahasa inggir, sugar berarti gula dan glider punya arti mesin terbang. Jadi jika digabungkan bermakna hewan terbang yang suka maknan manis. Bukan hanya manis, hewan ini juga memerlukan asupan protein untuk mendukung kebutuhan energi hariannya.

A. Makanan Yang Boleh Dimakan Sugar Glider

Apa yang dimakan oleh sugar glider memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Karena itulah asupan makanan dari hewan ini perlu diperhatikan sesuai dengan usianya. Berbeda dengan cara hidupnya di alam liar, makanan yang dipilih bisa bervariasi, bahkan jika terpaksa tidak ada makanan yang disukainya, si SG bisa memakan apa saja.

Jika anda memeliharanya di rumah, tentu saja pakan dari hewan ini perlu diperhatikan. SG membutuhkan asupan kalisum sebagai pembentuk tulang dan gigi serta membantu proses pertumbuhannya. Konsumsi protein juga dibutuhkan supaya si SG dapat bergerak gesit serta terpenuhi kebutuhan energinya. Sesuai dengan namanya, hewan yang satu ini memang memiliki daftar makanan manis dari buah dan sayur serta bahan makanan lain yang aman.

1. Dari Daftar Buah

Berbagai macam buah ternyata disukai oleh sugar glider, terutama yang mengandung banyak air dan rasanya manis. Jika anda memeliharanya dirumah, maka dapat diberikan buah pisang, pepaya, jambu, jeruk, melon, maupun semangka. Daftar buah yang mudah ditemukan tersebut memang cocok bagi SG kecil atau yang sudah biasa, terlebih harganya tidak terlalu mahal. Untuk berbagai jenis buah lainnya saya cantumkan dibawah ini.

  • Apel – Pisang – Ceri – Blewah – Blackberry – Blueberry – Kelapa
  • Anggur – Nangka – Jeruk – Kiwi – Mangga – Markisa – Buah Persik
  • Stroberi – Nanas – Sawo – Jambu Biji – Rasberi – Duku – Rambutan

2. Kebutuhan Sayuran

Selain buah, sayur juga disukai oleh sugar glider sebagai pemenuh kebutuhan vitamin hariannya. Sebenarnya berbagai jenis sayur bisa diberikan untuk SG, namun dengan catatan yang masih segar dan tidak mengandung bahan kimia. Utamakan untuk beberikan sayur yang kaya akan vitamin A untuk pengelihatannya dan C untuk menjaga kekebalan tubuh si SG. Berikut daftar sayur yang paling disarankan.

  • Wortel – Brokoli – Kubis – Seledri – Kol Bunga – Timun
  • Labu – Lobak – Bayam – Tomat – Selada – Ubi Jalar

3. Makanan Jenis Serangga

Selanjutnya ada beberapa makanan lain yang diperlukan untuk si SG yakni jenis serangga. Pakan ini sangat penting karena mengandung protein yang dibutuhkan serta menjadi maknan kesukaan Sugar Glider. Perlu anda ketahui bahwa anda perlu memberikan pakanan ini dengan tidak melupakan buah dan sayur supaya asupan gizi yang diterimanya seimbang, ini beberapa jenis serangga yang paling direkomendasikan.

  • Jangkrik – Ular Jerman – Ulat Hongkong – Mealwrom

4. Makanan Sampingan Untuk SG

Anda bisa memberikan makanan berupa buruk yang mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan, jangan berikan bubur yang mengandung terlalu tinggi lemak. Selain itu, madu juga disarankan untuk diberikan ke SG dengan jangka waktu seminggo 2-3 kali saja. Pemberian madu memiliki tujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya serta sebagai obat alami. Kebutuhan nutrisi lain juga bisa dari minyak ikan, namun jangan memberikannya terlalu sering.

B. Pakan Yang Dilarang Untuk Sugar Glider

Dari daftar makanan yang boleh diberikan ke SG memang cukup beragam, namun itu tidak menutup kemungkinan adanya makanan yang dilarang. Sugar glider tidak boleh memakan makanan yang mengandung lemak tinggi, kandungan garam berlebih, juga kafein. Jadi anda harus mencatat beberapa larangan dalam memberi pakan SG yang sudah saya rangkum berikut ini.

  1. Jangan beri kopi atau teh, sugar glider tidak boleh mengonsumsi kafein serta minuman yang bersoda. Hal ini bertujuan untuk menjaga pencernaan si SG yang tidak tahan dengan kandungan tersebut.
  2. Hindari makanan yang mengandung gula buatan atau pemanis yang tidak murni, ini berlau pada makanan dan minuman cepat saji. Catatan : jangan berikan tambahan gula, pemanis, atau perasa pada makanan sugar glider.
  3. Hindari makanan yang mengandung bawang baik itu merah ataupun putih, aroma dari bawang serta kandungan didalamnya punya dampak kurang baik bagi si SG.
  4. Jangan berikan makanan asin, hal ini berlaku pada daging ikan, makanan laut, makanan cepat saji, ataupun daging mentah selain serangga.
  5. Telur mentah baik itu kuning atau putihnya dilarang.
  6. Lebih baik buang biji dari buah karena dapat mengganggu pencernaan sugar glider, dampak buruk tersebut bisa membuat SG mengalami usus tersumbat dan susah buang kotoran.
  7. Jangan berikan gorengan, ini berlaku pada jajanan pasar atau mungkin seperti bakwan, pisang goreng, lauk yang digoreng, kerupuk, dan lain sebagainya.
  8. Jangan berikan pakan hewan lain seperi kucing, anjing, pakan ikan, burung, dan lain sebagainya. Ini kerena kebutuhan nutrisi dari setiap hewan berbeda-beda, jadi jangan disamakan.
  9. Hindari memberikan coklat karena didalamnya mengandung pemanis buatan dan zat-zat yang kurang baik. Keju juga dilarang karena mengandung lemak serta tidak baik bagi pencernaannya.
  10. Jangan berikan makanan berpengawet atau yang mengandung zat kimia, bisa meliputi makanan dalam kaleng baik itu buah, sayur, ataupun daging. Makanan berpengawet juga punya dampak buruk bagi si SG seperti halnya makanan cepat saji (Junk Food).
  11. Hindari memberikan daun, buah, sayur, dahan, atau cabang yang kurang dikenali karena bisa berpotensi mengandung zat berbahaya atau racun.
  12. Jangan berikan makanan pedas, berlaku pada sambal, bubuk capai, saus, dan lain sebagainya.
  13. Aplukat, walaupun termasuk sejenis buah-buahan namun dilarang untuk sugar glider karena mengandung lemak tinggi serta telah diteliti mengandung racun yang namanya Glikosida Jantung.

Akhir Kata

Nah itulah daftar makanan sugar glider yang boleh atau tidak boleh diberikan. Sebagai pecinta hewan mungil ini, tentu anda bisa lebih berhati-hati dalam memberi pakan ke SG, terlebih jika bahan maknan tersebut belum dikenali atau makanan yang tidak alami. Perlu diingat, jika anda bahan makanan lain yang tidak ada dari daftar diatas dan mengandung lemak tinggi, biji-bijian, pengawet, dan bahan kimia sebaiknya jangan diberikan ke SG.

Baca Juga : Harga Sugar Glider Terbaru Tahun Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *