Pakan alternatif bebek pedaging dan petelur Wajib Diberikan

Diposting pada
Pakan alternatif bebek pedaging dan Petelur –  Ternak bebek pedaging dan petelur merupakan bisnis yang menjanjinkan mengingat harga danging dan telur bebek dipasaran meningkat terus menerus dan permintaan pasar akan daging bebek pedaging sangat banyak. dalam ternak bebek yang paling diperhatikan adalah pakan dari bebek itu sendiri agar bebek cepat besar dan pertumbuhannya stabil. Ada banyak sebenarnya pilihan makanan untuk bebek namun seiring dengan harga pakan bebek yang mahal membuat para peternak bebek mencari alternatif makanan untuk bebek sehingga pengeluaran semakin sedikit. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pakan alternatif bebek pedaging yang wajib diberikan agar bebek sehat dan juga masa panen semakin cepat.

PAKAN ALTERNATIF BEBEK

Pilihan pakan bebek alternatif harusnya memenuhin gizi yang dibutuhkan oleh bebek agar bebek tidak terhambat dalam pertumbuhannya nantinya, bisa berupa pakan buatan sendiri atau pakan alami yang dicampur beberapa bahan sehingga menjadikan makanan mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk bebek berkembang. Pakan alternatif bisa berupa campuran Gedebok pisang, bekatul , dan juga ampas yang dicampurkan dengan dedak. cara pembuatannya cukup sederhana terlebih dahulu bekatul yang sudah di isris kecil-kecil dicampur dengan gedebok pisang yang sudah dihaluskan kemudaian campurkan seluruh bahan , agar mudah dalam mencampurkan bahan nantinya sebaiknya tambahkan air secukupnya, jika seluruh bahan sudah tercampur merata berikan kepada bebek sebagai makanan utamanya.
Ternak bebek
GAMBAR : TERNAK BEBEK

PAKAN ALTERNATIF ALAMI BEBEK

Selain pakan alternatif buatan bisa juga memberikan pakan alami yang dapat dicari disekitar kita, pakan alami dapat berupa daging bekicot yang sudah dicincang kecil kemudian dicampurkan dengan dedak atau ampas tahu , makanan jenis ini nyatanya ampuh dan manjur untuk membuat daging bebek padat sehingga berat bebek akan semakin maksimal walaupun ukuran bebek tergolong kecil namun memiliki berat yang lumayan. selain daging bekicot bebek juga dapat diberi pakan alami berupa cacing sutra namun pemberian cacing sutra pada bebek sebaiknya dibatasi dan hanya sebagai pakan tambahan saja mengingat bebek sangat rentan dengan bau yang amis dan juga busuk maka pemberian makan berupa cacing sutra dapat diberikan paling tidak 1 kali dalam seminggu. untuk membuat bebek petelur dapat menghasilkan telur setiap harinya pakan alami ini sangat cocok diberikan mengingat pakan alami mengandung banyak protein yang dapat membuat bebek petelur menghasilkan telur setiap harinya.
Selain pilihan ke 2 pakan alternatif diatas untuk mendongkrak hasil panen bebek nantinya , biasanya para peternak bebek mencampurkan SOC ( suplemen organik cair) kedalam makanan bebek, hal ini tergolong ampuh dalam membuat bebek sehat.

Baca Juga : Ternak bebek sebagai peluang bisnis rumahan yang menguntungkan