Traveling Kepulauan Dewata Dengan Nuansa Lokal dan kearifanya yang kental

Diposting pada

Sebenarnya traveling kali ini sudah jauh hari direncanakan, namun berhubung karena terlalu sibuk bekerja dan tidak memungkinkan untuk mengambil cuti maka harus menunggu waktu yang pas untuk liburan ke pulau ini, liburan kali ini kami menyebutnya sebagai #jalan2jenius. Pada awalnya saya berserta pacar ingin liburan ke luar negeri akan tetapi karena terkendala waktu dan selalu sibuk tidak sempat mengurus paspor dan hal lainnya yang di butmutuskan untuk berwisata di pulau Bali, belum lagi terkendala masalah bahasa jika ingin liburan keluar negeri nantinya. Untuk persiapan berlibur ke pulau Bali pacar saya sudah mengurus hal yang kami butuhkan di sana nantinya mulai dari pakaian, tujuan wisatanya dan lainnya, saya hanya mengurus bagian tiket pesawat dan penginapan serta tranportasi sesampainya di sana. Untuk tiket pesawat dan hotel saya memutuskan untuk memesannya secara online saja, sebab banyak yang menawarkan potongan harga bila memesan tiket pesawat sekaligus hotel, hal ini cukup efisien untuk menghemat biaya pengeluaran. Karena pemesanannya melalui online maka pembayarannya pun harus melaui transfer, untungnya saya menggunakan bank Jenius dari BTPN dimana untuk masalah transfer dapat saya lakukan melalui aplikasinya secara cepat sehingga sangat praktis digunakan. Setelah melakukan transfer dalam waktu 10 menit e-tiket sudah saya terima dan notifikasi pembayaran sudah dilakukan.2 hari kemudian saya dan pacar pun berangkat ke bandara Kualanamu dari Medan karena tiket tertulis jadwal keberangkatan kami siang hari kami pun bergegas dengan cepat naik bis.

Perjalanan kami dari Medan ke Bali memakan waktu kurang lebih 6 jam dikarenakan kami harus transit terlebih dahulu di bandara Soekarno-Hatta dan menunggu cukup lama. Sesampainya di Bali yakni bandara Ngurah Rai kami bergegas masuk ke taxi dan menuju hotel yang sebelumnya sudah kami pesan dan dengan maksud istirahat sejenak karena sudah kelelahan di perjalanan.

Berhubung karena waktu sudah jam 4 sore saya pun tak ingin keluar dari hotel karena sudah terlalu kelelahan namun pacar saya tetap ingin keluar sebentar dan melihat-lihat suasana Denpasar di sore hari, mau tidak mau saya pun tidak dapat menolaknya. Karena dari hotel ke pantai Kuta jaraknya cukup dekat saya menyarankan untuk ke sana saja dan disetujui, saya pun memesan Gocar saja agar biaya lebih karena jika melakukan pembayaran dengan gopay, disinilah salah satu fitur jenius yang saya bilang cukup membantu dimana dalam satu aplikasi fitur yang di tawarkan pun cukup membantu dimana dengan aplikasi jenius saya dapat melakukan top up saldo gopay saya dengan cukup mudah dan aman.

Perjalanan ke Tanah Lot Dan Garuda Wisnu Kencana

Keesokan harinya kami pun melakukan perjalan ke tanah kota Bali dengan menggunakan sepeda motor yang kami sewa dari warga sekitar yang di mana biaya sewanya tergolong murah dan cukup ktp saja sebagai jaminan, berhubung karena saya tidak pernah ke Bali sebelumnya dan tidak tau arah maka kami pun hanya bermodalkan google Maps saja sebagai pemandu arah kami di perjalanan­čśü. Sesampainya di tanah kota Bali kami di suguhkan pemandangan yang indah dengan kearifan budaya yang jelas di sana, nuasa keagamaan serta budaya lokal sangat kental terasa di daerah ini. Biaya masuk cukup murah yakni 80rb untuk 2 orang. Nuansa pantai yang indah serta puri yang berada di tepi pantai membuat kita ingin sekali mengabadikan momen ini dan mengambil beberapa foto, berikut beberapa foto yang kami ambil di tempat tersebut.

Tanah lot
Tanah lot Bali

Setelah dari tanah lot kamipun melanjutkan perjalanan ke Garuda wisnu kencana dimana di tempat ini memakan waktu 1 jam perjalanan dari tanah lot, sesampainya di sana kita di suguhkan dengan patung yang tinggi serta kita dapat menonton tarian daerah yang ada di sini. Karena terik matahari yang panas dan cacing di perut sudah mulai demo karena kelaparan kami memutuskan untuk makan terlebih dahulu dan beristirahat sejenak. Setelah selesai mengisi perut kamipun berbegas kembali ke hotel karena jam sudah sore hari dan melanjutkan perjalan keesokan hari.

Perjalanan ke Pantai Uluwatu

Keesokan harinya setelah selesai sarapan kami melanjutkan perjalanan ke pantai Uluwatu dimana di pantai ini kami di sajikan pemandangan yang sangat indah dengan ombak yang cukup tinggi sehingga di pantai ini diadakan kontes selancar oleh turis.

Hal yang tidak mengejutkan terjadi di sini dimana dompet saya tertinggal di hotel sehingga kami tidak dapat melakukan pembelian cendramata serta untuk makan siang uang kami tidak cukup, akan tetapi karena sebelumnya saya sudah memberikan x-card jenius kepada pacaran saya sehingga saya cukup memindahkan sejumlah uang yang kami butuhkan dari rekening utama ke x-card tersebut sehingga dapat kami tarik di ATM mana saja, sangat membantu bukan.

Kami menghabiskan waktu di sana terbilang cukup lama karena menjelang sore hari cuaca tidak bersahabat dan gerimis kami hanya menghabiskan waktu di cafe dekat pantai sembari meminum air kelapa muda. Setalah hujan Redah kamipun kembali ke hotel karena besok harus kembali ke Medan dan bekerja dan berharap dapat kembali berlibur ke pulau ini suatu saat nanti.